Mencegah dan Mengenal Ciri Penyakit Disentri

Ciri Penyakit Disentri

Mencegah dan Mengenal Ciri Penyakit Disentri

Mencegah Penyakit Disentri

Ciri-ciri Penyakit Disentri – Disentri, anda mengenal penyakit yang satu ini ? Ya, penyakit disentri memang sudah banyak yang mengetahuinya lantaran memang penyakit yang satu ini kerap kali datang menyerang seseorang, tidak pandang entah dewasa ataupun anak-anak. Tahukah anda apakah yang menyebabkan penyakit disentri terjadi ? Penyakit disentri merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang menjadikan si penderitanya mengalami buang air besar terus menerus, bahkan disertai darah.

Ada dua macam penyakit disentri, yakni disentri basiler dan juga disentri amoeba. Perbedaan dari kedua jenis disentri ini adalah bakteri yang menyerangnya. Disentri basiler sendiri disebabkan oleh bakteri shiegella, escherichia coli enteroinvasif, salmonella, dan juga bakteri campylobacter jejuni yang lebih sering menyerang bayi. Sedangkan disentri amoeba disebabkan oleh bakteri entamoeba histolytica yang menjadikan penderitanya mengalami diare yang parah. Serangan bakteri ini menjadikan dinding usus besar rusak dan membuat ulserasi. Ada beberapa ciri-ciri penyakit disentri yang timbul antara lain adalah terus-terusan buang air besar bahkan hingga disertai darah, kemudian suhu badan naik, perut terasa mual dan juga kram, hingga juga penderita kerap kali merasa kehausan atau dehidrasi.

Nah, supaya anda dan orang-orang sekitar anda tidak terserang penyakit disentri alangkah baiknya untuk segera mencegahnya sejak dini. Dengan cara apa ? Berikut ini ada beberapa langkah sebagai upaya menjaga diri agar tidak mudah terserang penyakit disentri.

  1. Biasakan untuk menyiram toilet saat hendak dan sesudah buang air
  2. Cucilah tangan menggunakan sabun Lifebouy yang terbukti mampu membasmi bakteri saat selesai dari toilet, sepulang dari beraktivitas di luar rumah, juga sebelum dan sesudah makan
  3. Untuk para orangtua, ajarkan kepada anak untuk membiasakan diri mencuci tangan menggunakan sabun Lifebuoy juga ketika selesai bermain, dimana tempat bermain ataupun benda-benda yang dipegangnya belum tentu bersih dan higienis
  4. Untuk para ibu yang biasanya menyajikan hidangan di rumah, sajikan hidangan yang bergizi dan sudah di masak. Hindari untuk menyajikan hidangan yang setengah matang.
  5. Selalu bersihkan semua bahan makanan saat sebelum dimasak
  6. Menjaga kebersihan rumah dengan cara rutin menyapu dan juga mengepel
  7. Minimalisir mengonsumsi makanan di luar rumah, masak sendiri jauh lebih baik

Baca juga: Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kulit




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *