makanan untuk ibu hamil

Nih Ada 3 Tipe Makanan Yang Dianjurkan Untuk Ibu Hamil

Ada yang tahu tidak, apa saja makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil? Memang wanita yang sedang hamil harus benar-benar tahu jumlah gizi dan kalori yang dibutuhkan ibu hamil. Oleh karena itu, segala makanan yang dikonsumsi ibu hamil harus makanan yang di dalamnya terkandung gizi yang begitu banyak. Bisa saja seorang ibu hamil punya pemikiran bahwa makanan yang ia konsumsinya ialah makanan yang mengandung gizi yang begitu banyak tetapi kenyataannya makanan tersebut tak mengandung gizi sedikit pun. Padahal makanan seorang bayi yang masih berada dalam kandungan ibu, tergantung bagaimana ibu memilih makanan yang cocok untuk kesehatan bayi. Banyak para ilmuan mengartikan bahwa zat zat yang berbahaya akibat seorang ibu salah konsumsi makanan bisa mengakibatkan bayi dalam kandungan akan cacat.

Nah, tidak mau bukan anak kalian cacat ketika bayi lahir? Oleh karena itu, perhatikanlah semua makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil. Berikut makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil, menurut Zwitsal :

  • Makanan Yang Didalamnya Banyak Mengandung Karbohidrat.

Untuk itu, ibu hamil bisa mengkonsumsi sagu, jagung, ketela merah, gandum dan beras. Jenis karbohidrat yang memang dibutuhkan oleh tubuh umumnya terbagi menjadi tiga macam yakni serat, zat tepung dan gula. Sementara fungsi karbohidrat dalam tubuh ialah sebagai energi dan mencegah terjadinya gangguan pencernaan serta mencegah konstipasi.

  • Makanan Yang Tinggi Protein.

Jenis protein dibagi menjadi dua tipe berdasarkan sumbernya yakni protein nabati dan hewani. Protein nabati berasal dari kacang-kacangan, sementara protein hewani berasal dari ikan, daging dan telur. Umumnya, ibu hamil lebih memilih makan daging karena rasanya yang lezat dan gurih. Nah, untuk takaran ibu hamil dianjurkan dua sampai tiga porsi setiap harinya.

  • Makanan Yang Tinggi Mineral

Mineral fungsinya untuk mengatur dan melindungi kinerja organ tubuh. Mineral juga banyak jenisnya yakni natrium, kalium, yodium, besi dan kalsium. Semua jenis mineral tersebut sangat diperlukan untuk tubuh, terutama bagi ibu hamil. Nah, untuk makanan yang tinggi mineral, biasanya diperoleh dari kentang, sayuran hijau, kacang-kacangan dan wortel.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *