Gejala penyakit diare pada orang dewasa

Penyakit diare adalah salah satu penyebab kematian pada balita, dan tidak bisa dibilang sedikit karena penyakit ini juga mematikan manusia lebih dari sekitar 2,5 juta orang setiap tahunnya hal ini terjadi di negara-negara berkembang. Mewaspadai gejala penyakit diare pada orang dewasa adalah pilihan yang cukup bijak mengingat angka kematian akibat penyakit ini cukup besar.

Alangkah lebih baiknya ketika muncul beberapa gejala penyakit diare segera lakukan tindakan penanggulangan, jangan tunggu sampai parah. Gejala penyakit ini biasanya adalah dehidrasi yang terjadi, kemudian buang air besar secara terus menerus dan hal itu diikuti oleh rasa mulas pada perut yang berkepanjangan. Gejala lain yang timbul antara lain adalah rasa mual dan ingin muntah, kemudian perut berbunyi terlalu sering, dan punggung yang terasa pegal.

Apabila ditemukan gejala-gejala seperti yang tadi sudah disebutkan sebelumnya, segera lakukan tindakan penanggulangan untuk menghindari penyakit tersebut menjadi parah serta menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Tindakan penanggulagan yang bisa dilakukan adalah:

  • Segera banyak mengkonsumsi air diimbangi dengan elektrolit yang cukup untuk mengganti cairan yang hilang guna menghindari dehidrasi.
  • Makan dengan porsi yang lebih kecil tapi sering, dengan frekuensi yang teratur dan jangan makan atau minum terlalu cepat.
  • Menjaga kebersihan tubuh terutama tangan yang digunakan untuk makan, biasakanlah untuk mencucinya terlebih dahulu sebelum digunakan untuk makan, agar dapat membatasi persebaran penyakit.
  • Menghindari makan yang mengandung santan, pedas, dan asam yang dapat memperburuk keadaan

Namun perlu diperhatikan juga, mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Jangan sampai sakit dulu baru anda peduli dengan kesehatan anda. Berikut ini adalah langkah pencegahan yang dapat dilakukan:

  1. Membiasakan mencuci tangan sebelum makan untuk menghindari penyebaran penyakit yang masuk ke tubuh kita melalui wilayah kotor di badan kita, misalkan tangan tadi. Karena tangan digunakan untuk menyentuh berbagai benda disekeliling kita maka sebelum makan wajib untuk dibersihkan.
  2. Membiasakan untuk tidak terlalu sering mengkonsumsi makanan dalam jumlah terlalu besar pada satu waktu, ataupun terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung santan, pedas, dan asam.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *