Cara Mengatasi Mual pada Masa Kehamilan Trisemester Pertama

Gejala mual dan ingin muntah sepertinya dialami oleh hampir semua ibu hamil. Sebenarnya gejala ini tidaklah berbahaya karena merupakan dampak dari perubahan hormon saat masa kehamilan muda. Namun jika sampai mengganggu dan mengakibatkan ibu tidak mau makan sama sekali, segera periksakan ke dokter. Kalau masih dalam tahap wajar, gejala-gejala yang disebut morning sickness ini bisa dikurangi dengan melakukan sejumlah hal.

Beberapa cara mengurangi mual saat masa kehamilan ibu menginjak trisemester pertama:

  1. Rajin berolahraga

Dengan melakukan olahraga ringan seperti jalan-jalan di pagi hari atau senam pada sore hari, frekuensi mual dan muntah bisa berkurang,  Selain itu, olahraga juga bisa menyehatkan janin secara alami.

  1. Konsumsi makanan bergizi

Makanan yang perlu dikonsumsi oleh ibu hamil pada trisemester pertama utamanya adalah buah-buahan segar yang mengandung antioksidan dan berbagai vitamin. Namun ingat jangan memakan nanas dan buah durian karena dampaknya tidak terlalu baik untuk janin. Dengan buah-buahan segar ini, gejala mual disertai muntah berangsur-angsur akan hilang.

  1. Minum jahe

Memang tidak menyenangkan bagi ibu yang tidak terbiasa minum jahe karena rasanya pedas. Namun demi buah hati, minumlah jahe alami yang banyak dijual atau membuat sendiri. Minumlah 2 kali sehari untuk mengurangi rasa mual dan muntah saat hamil muda.

Penasaran apakah cara-cara di atas ampuh untuk mengatasi mual pada masa kehamilan trisemester pertama? Silakan dicoba dan rasakan hasilnya sendiri. Meskipun masih hamil muda, tidak ada salahnya mulai mempersiapkan perlengkapan bayi seperti sabun, shampo dan bedak. Zwitsal menyediakan perlengkapan bayi tersebut dengan kualitas yang baik dan aman untuk bayi.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *